APA SAJA YANG HARUS DIMILIKI OLEH PROFESI
YANG AKAN ANDA JALANKAN?
·
Ingin
menjadi apakah Anda nanti setelah lulus dari kuliah?
Jawaban : Cita-cita jadi seorang Tour Leader
·
Apa
saja pengetahuan khusus yang harus dimiliki oleh profesi yang Anda inginkan?
Jawaban :
Ø
Cara
melayani peserta tur dengan baik dan cara memandu yang benar.
Ø
wasasan tentang posedur teknik layanan informasi
ke pusat-pusat destinasi baik perjalanan wisata kota maupun perjalanan wisata
dalam negeri.
Ø
memiliki wawasan yang luas tentang sejarah,
kota, kesenian, pertanian, obyek-obyek wisata, jenis-jenis tanaman dan herbal,
adat tradisi dan kebudayaan, wisata kuliner, dll.
Ø
Penguasaan bahasa asing, minimal Bahasa Inggris.
Ø
Kemampuan
public speaking atau berbicara di
depan public dan aktif berkomunikasi.
Ø
Memiliki
daya kreativitas yang baik yang bisa membuat para wisatawan senang, misal bisa
bernanyi, bermain music.
Ø
Harus
bisa bertindak sebagai penyampai informasi, negosiator, dan pendengar yang
baik.
Ø
Memiliki
kemampuan dalam mengatasi masalah yang diluar dari perkiraan.
·
Bagaimana
cara kamu mendapatkan apa yang kamu cita-citakan?
Jawaban :
Ø
Dari
STP Trisakti dengan cara belajar, bertanya pada dosen travel.
Ø
Dari
internet dengan cara mencari berbagai literatur yang berhubungan dengan
pariwisata, tour leader, cara-cara berhubungan atau berkomunikasi yang baik dengan peserta tur.
Ø
Mengikuti
kursus bahasa asing di tempat les.
·
Apa
saja standard moral yang harus dimiliki oleh seseorang tour leader?
Jawaban :
Ø
Jujur
Ø
Bertanggung
jawab
Ø
Sopan
santun
Ø
Adil
Ø
Ramah
Ø
3S
(Senyum, Salam, Sapa)
Ø
Rapi
Ø
Kreatif
Ø
Bersahabat
Ø
Disiplin
Ø
Tepat
waktu
Ø
Sabar
·
Apakah
profesi yang kalian inginkan tersebut mengabdi kepada orang lain atau kepada
masyarakat?
Jawaban : Iya, seorang tour leader
mengabdi kepada para peserta tour karena seorang tour leader melayani peserta
turnya dari awal sampai akhir perjalanan wisata mereka.
·
Apakah
profesi yang akan kamu jalankan itu memerlukan sertifikat khusus atau ijin
khusus?
Jawaban : Iya, profesi tour leader
memerlukan sertifikasi khusus, seperti sertifikat profesi yang dikeluarkan oleh
BNPS karena lisensi tersebut digunakan sebagai kartu identitas dan tanpa
lisensi tersebut, seseorang tidak diijinkan untuk memandu wisata.
·
Apakah
profesi yang Anda inginkan tersebut memiliki asosiasi atau badan perhimpunan?
Jawaban : Iya, ada namanya Himpunan Pramuwisata
Indonesia (HPI) dan Hildiktipari (Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata
Indonesia)
·
Apakah
attitude/sikap yang dituntut dari profesi Anda?
Jawaban : Jujur, bertanggung jawab,
disiplin, tepat waktu, rapi, sopan santun, ramah, kreatif, sabar, kebijaksanaan
dan ketepatan waktu dalam pengambilan keputusan, kepedulian.
·
Apakah
skill/kemampuan yang harus dimiliki dari profesi Anda?
Jawaban :
Cara: Belajar dari buku maupun dosen atau orang yang sudah
berpengalaman
Usaha: Masuk ke STP Trisakti, memotivasi diri untuk menjadi
lebih baik, mengikuti kursus bahasa asing
·
Apakah
knowledge/kemampuan yang harus dimiliki oleh profesi Anda?
Jawaban : Harus mengetahui tentang
aspek psikografik, demografik, dan aspek geografik dari para peserta tur yang
akan kita pandu, kemampuan berbahasa asing.
·
Tanggung
jawab apa saja yang Anda yang harus Anda pikul ketika Anda menjalani profesi
tersebut?
Jawaban : Bertanggung jawab terhadap
profesi yang akan dijanlankan yaitu menjadi seorang tour leader yang
profesional, pelayanan terhadap fasilitas, akomodasi dan transportasi serta
jasa yang telah dibayarkan, tanggung jawab dalam memberikan kenyamanan selama
perjalanan wisata tersebut.
·
Bagaimana
bentuk rasa adil Anda saat Anda menjalani profesi tersebut?
Jawaban : Adil dalam memperlakukan
peserta tur tanpa membedakan apakah ia berasal dari luar negeri ataupun dalam
negeri, suku, ras, agama, antargolongan. Akan mendahulukan orang-orang lansia
dan memperhatikan kebutuhan khusus peserta tur, seperti jenis makanan yang
boleh dikonsumsi atau tidak.
·
Bagaimana
otonomi Anda nantinya?
Jawaban :
Ø
Harus
bisa mengatur jadwal perjalanan wisata, mengatur waktu perjalanan jangan sampai
ada keterlambatan dari pihak penyedia jasa maupun dari para peserta tur itu
sendiri
Ø
Harus
bisa membuat bahan pembicaraan menjadi menyenangkan bahkan jika bisa mereka akan
takjub atau bertanya-tanya seputar bahan pembicaraan tersebut sehingga
komunikasi antara tour leader dan peserta tur dapat terjalin dengan baik.
Ø
Harus
bisa mengatur peserta tur tanpa rasa emosional, tanpa meninggikan suara, tanpa
membentak, melainkan dengan nada lembut dan suasana kekeluargaan.
Contoh etika dalam pelayanan yang harus ditaati
seorang Tour Guide:
· Harus mampu memberikan pelayanan dan perlakuan yang sama kepada wisatawan
dengan tidak meminta tip, tidak menjajakan barang dan tidak meminta komisi.
· Mampu menghindari timbulnya pembicaraan serta pendapat yang mengundang
perdepatan mengenai kepercayaan, adat istiadat, agama, ras dan sistem politik
sosial negara asal wisatawan.
· Berusaha memberikan keterangan yang baik dan benar kepada wisatawan.
· Saat perpisahan mampu memberikan kesan yang baik agar wisatawan ingin
berkunjung kembali.
· Harus mampu menciptakan kesan penilaian yang baik atas daerah, negara
bangsa, dan kebudayaan.
· Tepat
waktu pada saat keberangkatan dan kepulangan serta tepat dalam penggunaan
waktu.
· Membawa
peralatan medis yang biasa digunakan untuk pertolongan pertama pada kecelakaan.
Contoh etiket dalam pelayanan yang harus ditaati
seorang Tour Guide:
· Dalam menjalankan tugasnya harus mampu menguasai diri, senang, segar,
rapi, bersih serta berpenampilan yang simpatik (menghindari bau badan,
perhiasan, dan parfum yang berlebihan).
·
Harus mampu menciptakan suasana gembira dan sopan menurut kepribadian
Indonesia.
· Mampu memahami latar belakang asal usul wisatawan serta mengupayakan
untuk meyakinkan wisatawan agar mematuhi hukum, peraturan, adat kebiasaan yang
berlaku dan ikut melestarikan objek.
·
Mudah bergaul dan
beradaptasi dengan para wisatawan.
·
Harus selalu
tampak berwibawa dalam pembawaannya sebagai tourguide.
·
Mengetahui dan
dapat berkomunikasi dengan bahasa yang mudah dimengerti wisatawan.
·
Tanggap dengan
kebutuhan yang diperlukan wisatawan.
Memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk
bertanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar